Niceboards.net

Perusahaan Papan Berkualitas

Proses Pembuatan Papan Kayu Particle

Proses Pembuatan Papan Kayu Particle

Papan kayu particle atau papan serbuk ini merupakan salah satu papan kayu buatan. Papan serat ini sebagian besar terdiri dari tumbuhan yang mengandung liknoselulosa yang cukup tinggi. Proses pembuatan papan kayu serat ini terbilang cukup mudah. Serat satu dengan yang lain saring dieratkan. Agar bisa menempel dengan sempurna maka digunakan lem khusus dengan daya rekat yang sangat tinggi.

Peminat papan kayu particle ini terbilang sangat banyak. Pada awal mulanya muncul papan kayu particle ini adalah untuk mengatasi masalah lingkungan. Proses pembuatan papan kayu particle yang memanfaatkan serbuk gergaji mampu membuat lingkungan tidak tercemar. Serbuk gergaji yang pada awal mulanya tidak terpakai menjadi bisa bermanfaat dan bernilai jual yang tinggi.

Setelah dicoba produksi ternyata minat kayu buatan ini sangat banyak. Kayu serat atau kayu particle kini menjadi bagian penting untuk furniture, kerajinan tangan, dan untuk perabotan rumah tangga. Harga jual kayu particle juga terbilang sangat terjangkau sehingga memungkinkan siapa saja untuk menggunakannya. Penasaran dengan proses pembuatan kayu buatan tersebut? Simak penjelasannya hingga selesai.

Pembuatan Papan Kayu Particle

Proses Pembuatan Papan Kayu Particle

Mengingat banyaknya pesanan perabotan berbahan kayu particle ini membuat banyak orang tertarik menjadikannya bisnis. Tertarik menjalainkan bisnis kayu particle? Pastikan anda tahu proses pembuatannya. Proses pembuatan kayu buatan ini cukup mudah untuk dilakukan. Ada sembilan langkah untuk pembuatan papan kayu particle sebelum siap untuk digunakan. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai sembilan tahapan untuk membuat kayu particle.

  1. Pembuatan serpih

Pada awal mulanya pembuatan kayu ini tidak membutuhkan pembuatan serpih. Namun karena pesanan kayu particle sangat banyak maka sekarang ada proses pembuatan serpih. Pembuatan serpih ini dilakukan dengan memotong kayu menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sangat kecil. Sediakan serpih sesuai dengan kebutuhan untuk membuat kayu particle.

  1. Penyaringan serpih

Setelah mengumpulkan serpih untuk membuat kayu. Langkah selanjutnya adalah memilih serpih dengan ukuran yang sama. Penyaringan ini perlu dilakukan agar ukuran dari serpih sama. Pemilihan ukuran ini tentunya mengikuti standarisasi yang sudah ditentukan.

  1. Pembuatan Plup atau massa berserat

Proses pembuatan plup ini dilakukan dengan berbagai metode. Mulai dari metode yang mekanik hingga kimiawi. Proses pembuatan plup ini memang membutuhkan pengerjaan yang rumit sehingga harus dikerjakan alat tertentu. Proses pembuatannya juga harus mengikuti aturan yang sudah ada.

  1. Pengeringan plup

Setelah plup dibuat maka massa berserat tersebut perlu dikeringkan. Kandungan air pada massa berserat cukup banyak sehingga perlu dikeringkan terlebih dahulu. Kadar air pada massa berserat ini idealnya adalah 25 – 30 %. Jika kelebihan atau kekurangan air maka akan menganggu proses pembuatan.

  1. Pemberian lem

Setelah bahan siap untuk diproduksi maka langkah selanjutnya adalah memberikan lem. Perekat yang digunakan dalam pembuatan kayu buatan ini adalah mulai dari lem, binder, resin, dan mucilage. Berbagai bahan perekat yang mempunyai daya rekat tinggi digunakan untuk pembuatan kayu particle ini.

  1. Pembuatan mat

Proses pembuatan mat ini bisa menggunakan dua metode. Prosesnya menggunakan mesin khusus yang digunakan untuk pembuatan kayu particle. Dua metode yang digunakan adalah metode basah dan kering. Kedua metode ini bisa dipilih salah satu.

  1. Pengempaan panas

Proses pengempaan panas ini merupakan proses pengubah uap air yang ada pada mat menjadi uap air yang mengenyalkan. Proses ini juga telah ditentukan sesuai aturan yang sudah ada.

  1. Pengempaan dingin

Sama halnya dengan pengempaan panas. Pengempaan dingin ini dilakukan untuk mengeluarkan kadar air dan juga gelembung udara yang ada di dalam mat. Proses pengempaan dingin ini juga ada aturan khususnya.

  1. Pemotongan papan

Setelah melalui delapan tahap tersebut maka kayu papan siap digunakan. Kayu particle yang sudah jadi maka bisa mulai dipotong sesuai dengan kebutuhan. Setelah dipotong maka papan kayu akan diampelas agar tekturnya menjadi lebih halus.

Furniture Berbahan Kayu Particle Laku Keras

pembuatan papan kayu

Belakangan ini semakin banyak furniture yang dibuat dengan bahan dasar kayu particle. Bentuknya yang menarik mampu membuat orang tertarik untuk menggunakannya. Harga jual furniture berbahan kayu particle ini juga terjangkau. Wajar jika pesanan kayu particle sangat banyak. Sembilan langkah pembuatan kayu particle di atas merupakan langkah yang harus dijalankan untuk membuat kayu particle.

Tertarik untuk memanfaatkan limbah sampah serbuk gergaji? Kini anda bisa membuatnya menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Pembuatan papan kayu particle terinspirasi untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan dari sisa kerajinan kayu. Munculnya papan kayu particle ini membuat sisa sampah tersebut didaur ulang dan bermanfaat. Mengingat banyaknya pesanan kini tidak hanya memanfaatkan limbah sampah saja melainkan juga membuat serpih sendiri dengan memotong kayu yang masih utuh. Anda bisa langsung cek situs http://5.189.149.246/ untuk dapat melihat produk terbaru dan berkualitas disini.

Comments are Closed